Cari Blog Ini

Rabu, 17 Januari 2018

JENIS TANAMAN SAYUR HIDROPONIK




Macam Sayuran  Hidroponik yang Bisa Anda Coba 
By,Kebun Sayur Organik Toet Ajuzt 
 


 

      SAYURAN HIDROPONIK –Seperti pada artikel saya,tentang Pengertian  Hidroponik  dan sebelum lanjut pada artikel berikutny, pada artikel ini saya mengajak pembaca yang budiman untuk mengenal beberapa jenis tanaman khususnya sayur yang bisa dibudidayakan secara Hidroponik.
     Hidroponik merpakan salah satu metode budidaya tanaman dengan cara tanpa menggunakan tanah,melainkan dengan metode air dan nutrisi sebagai media pengganti tanah.Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dengan  maksimal.      Dengan menggunakan metode ini, dimanapun tumbuhnya tanaman akan tetap berkembang dan tumbuh dengan baik apabila nutrisi air dan mineral yang dibutuhkan tanaman selalu terpenuhi dan tercukupi
Lantas tanaman jenis apa saja yang bisa menggunakan metode hidroponik........?
     Dalam artikel  saya kali akan coba mengulas mengenai berbagai macam tanaman sayuran yang bisa menggunakan metode hidroponik. Pada dasarnya hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan metode Hidroponik.
Baik, berikut ini beberapa jenis tanaman sayuran hidroponik yang bisa  ditanam di pekarangan rumah dengan metode hidroponik.

1.POKCOY HIDROPONIK

                                                     ppl pertanian
     Tanaman pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang masih tergolong dengan tanaman sawi. Bahkan tanaman ini dinamai sawi sendok karena memang bentuknya seperti sendok. Pakcoy biasa digunakan untuk bahan sop atau sebagai garnis makanan.

2.KANGKUNG HIDROPONIK

     Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer . Setiap orang bisa memperoleh kangkung dengan membelinya di pasar atau bahkan dengan menanam sendiri. Karena pada dasarnya menanam kangkung ini terbilang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

3.SELEDRI HIDROPONIK


      Menanam seledri secara hidroponik sangat mudah dan praktis. Sayuran seledri atau biasa dikenal dengan daun sop begitu banyak dibutuhkan untuk keperluan memasak ataupun untuk pengobatan. Daun seledri banyak digunakan dalam penyajian masakan seperti soto kuah, bakso ataupun soto kering. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode hidroponik.
MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK TANAMAN OBAT
Mengobati Mata Kering
      Saat terlalu sering menatap layar monitor tentunya akan membuat mata Anda kering. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan tentunya banyak debu dan angin yang bisa membuat mata Anda kering. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan daun seledri untuk melembabkan mata Anda. Seledri dipercaya ampuh untuk mengobati mata Anda yang kering. Karena didalamnya banyak vitamin yang menyehatkan mata diantaranya vitamin A,B1, B6 , B2 dan C.

Untuk menurunkan kolesterol
      Didalam daun seledri adanya kandungan vitamin A. Tentunya selain untuk mengobati mata kandungan seledri juga mampu untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker dan mengurangi tekanan tekanan darah tinggi.

Mengobati Batuk
      Batuk adalah salah satu penyakit yang paling menyebalkan. Betapa tidak karena batuk suara Anda jadi tidak senyaring biasanya. Gejalanya juga sangat mengganggu tenggorokan terasa gatal dan sakit. Anda bisa memanfaat daun seledri untuk menyembuhkan batuk Anda
3.BAYAM HIDROPONIK



bayam hidroponik
     Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang sering sekali kita jumpai di berbagai tempat  khususnya di setiap warung makan. Bayam memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa, tidak hanya vitamin akan tetapi bayam juga mengandung magnesium, kalsium, folat, protein, dan serat.

5.SAWI HIJAU HIDROPONIK 

     Sawi merupakan sayuran yang tidak asing untuk kita. Kebutuhan pasar akan sawi terus meningkat sehingga membuat para petani untuk berpikir lebih cerdas lagi. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam menanam sawi adalah dengan menggunakan meode hidroponik.
Berbagai macam jenis sawi bisa Anda tanam menggunakan metode hidroponik, tapi yang paling mudah dan efisien adalah jenis sawi hijau. Tentunya jika ada cara yang lebih menguntungkan dan lebih mudah kenapa tidak dilakukan ?

Cukup sekian dulu pengenalan beberapa jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan metode Hidroponik,dan sampai jumpa pada artikel kami berikutnya.

"SALAM TANI"


Kami juga menyediakan:
#Polybag berbagai ukuran dengan kwalitas dan harga yg terjangkau
#Bibit  tanaman Sayur
#Beberapa jenis tanaman obat
#Pupuk kompos
#instalasi Hidroponik sesuai dengan pesanan
#Nutrisi Hidroponik AB Mix
#dll

Informasi lebih lanjut bisa hubungi:
*Kebun Sayur Organik Toet Ajuzt
  Alamat:
               Jln.Pura Melang Kaja,Br Santhi Karya Ungasan,Kecamatan Kuta Selatan,Badung
*Call/Sms/Wa : 0852-0585-4440
*Email :ketutsutarka16@gmail.com














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  BUDIDAYA TANAMAN BAYAM DI LAHAN KERING By,Kebun Sayur Organik Toet Ajuzt  Penulis dan petani pelaksana; I Ketut Sutarka.      Bayam termas...